09 Oktober 2017 20:01 wib

Medan, Konsulat Amerika Serikat (AS) untuk Pulau Sumatera meresmikan kerjasama United State Agency for International Development (USAID) Prioritas dengan Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara. Kerjasama ini merupakan bagian dari program peningkatan mutu pendidikan yang dikembangkan USAID.

Program USAID Prioritas merupakan bagian kemitraan konprehensif antara Pemerintah Amerika Serikat dengan Indonesia yang ditandatangani Presiden Barrack Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kemitraan ini akan membawa pendidikan kelas dunia untuk Indonesia dan Provinsi Sumatera Utara.

Rektor IAIN Sumut Prof. Dr. Nur Ahmad Fadhil Lubis, MA mendukung kerjasama USAID dengan IAIN Sumut. Menurut Fadhil, program USAID Prioritas sebagai kelanjutan program USAID-(Decentralized Basic Eduction (DBE) mampu mengingkatkan mutu pendidikan di Sumut. Lebih lanjut Fadhil mengatakan bahwa program USAID Prioritas akan membuat guru-guru menjadi kreatif, inovatif dan profesional.

Di Sumut, USAID Prioritas selain bekerjasam dengan Unimed dan IAIN Sumut, juga akan bekerja di 10 kabupaten/kota mitra (Medan, Binjai, Deli Serdang, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Labuhan Batu, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan). Kerjasama ini akan mendukung 208 Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah serta memberikan manfaat langsung kepada 50.000 siswa.